Pages

Seperti Apakah Indonesia Kelak?

Wednesday, September 24, 2014

 "Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilanglah  kesangsian.Tetapi, jika orang sudah mulai berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan." (Sir Francis Bacon)

            Tahun 2015, ASEAN akan memulai ASEAN Free Trade Area (AFTA), lalu di tahun 2020 WTO akan mengadakan perdagangan bebas secara global. Artinya, seluruh Negara di Asia maupun Negara di dunia lainnya akan melakukan perdagangan secara bebas tanpa adanya pajak masuk ke wilayah territorial Negara lain. Sudah siapkah Indonesia?
            Tentu jawabannya adalah : belum. Indonesia belum siap menghadapi pasar bebas tersebut, baik di tahun 2015 maupun 2020. Mengapa demikian? Karena dapat kita lihat dan kita rasakan sendiri bahwa kini Ibu Pertiwi sedang dilanda krisis, baik itu krisis ekonomi, krisis budaya, bahkan krisis moral.
           Setiap tahunnya angka pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu meningkat walau sedikit demi sedikit. Namun, pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, korupsi yang semakin merajalela, kenaikan harga BBM dan atau kebutuhan rumah tangga lainnya ikut menyengsarakan sebagian besar warga Indonesia. Kemiskinan masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Urbanisasi penduduk dari desa ke kota-kota besar di Indonesia, khususnya Jakarta memperbanyak jumlah pengangguran dan slum area jika mereka tidak memiliki skill yang mumpuni.
            Di sisi lain budaya Indonesia kian lama kian tergerus oleh arus modernisasi dan westernisasi, atau bahkan koreanisasi yang marak di kalangan remaja. Budaya-budaya asli Indonesia mendapatkan respon yang kurang dari para generasi penerus bangsa ini. Padahal budaya merupakan identitas suatu bangsa, maka sudah seyogyanya kaum muda mengetahui, mencintai dan dapat melestarikan budaya-budaya yang ada di nusantara ini. Jika begini, adanya perdagangan bebas akan semakin memperparah krisis budaya di Indonesia.
            Lalu bagaimana dengan moral dan mental bangsa Indonesia?
Di Negara Barat, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, harmonis, dan bersahaja. Namun, kini  banyak bangsa Indonesia yang saling menjatuhkan, saling serang, bahkan saling bunuh. Bukan hanya itu, ketidakjujuran, ketidakadilan, keserakahan, dan ketidakdisiplinan semakin melekat dalam diri setiap bangsa Indonesia. Hal ini terus menggerogoti moral bangsa, mulai dari pemerintahnya hingga rakyatnya, termasuk remaja. Jika calon penerus bangsanya belum memiliki moral yang baik, lalu siapa yang mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik?
Mau tidak mau, suka atau tidak, sudah menjadi keharusan bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk menyelamatkan Indonesia dari segala keterpurukannya. Indonesia tidak membutuhkan orang pintar, Indonesia membutuhkan orang-orang cerdas. Bukan hanya secara intelektual (IQ), namun kehidupan religius (SQ) dan emosionalnya (EQ). Tiga hal ini harus dimiliki secara seimbang oleh setiap bangsa Indonesia.
Jika Indonesia ingin maju seperti Jepang, atau seperti Singapura yang kecil namun dapat menata segala aspek kehidupannya dengan baik, maka Indonesia harus benar-benar membangun karakter bangsa ini. Kini pemerintah sudah mewajibkan di setiap satuan pendidikan untuk menerapkan ke-18 aspek pendidikan karakter pada setiap siswa-siswinya. Selain itu bangsa Indonesia juga sudah seharusnya  menerapkan 9 prinsip dasar kehidupan, sebagai berikut :
1.      Etika
2.      Kejujuran dan Integritas
3.      Bertanggung jawab
4.      Hormat pada aturan dan hukum masyarakat
5.      Menghormati hak orang lain
6.      Cinta pada pekerjaan
7.      Berusaha keras untuk menabung dan investasi
8.      Bekerja keras
9.      Tepat waktu

Jika ke-9 prinsip kehidupan diatas dapat diterapkan dalam diri setiap bangsa Indonesia, maka tidak ada lagi korupsi, ketidakadilan, bahkan kemiskinan, pengangguran, dan segala permasalahan yang kini melanda Indonesia sedikit demi sedikit akan berkurang atau bahkan  tak akan ada lagi. Dengan demikian Indonesia dapat benar-benar jaya dan merdeka karena sang garuda telah menunjukan kesaktiannya.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS