Pages

Jam Analog | Adobe Flash CS6

Tuesday, January 23, 2018

1. Buka aplikasi Adobe Flash 
2. Pilih menu File
3. Pilih New untuk membuat stage baru
4. Import/drag gambar jam analog tanpa jarum jam, atau dapat membuat menggunakan oval tool dan text tool.

5.  Buat tiga garis menggunakan Line Tool pada Tools Panel. Garis jam lebih panjang dari garis menit. Garis menit lebih panjang dari garis detik. Garis detik lebih panjang dari garis jam. Seperti gambar berikut:




6. Seleksi garis yang paling kecil (jam). Kemudian klik kanan dan pilih Convert to Symbol. Masukkan jam_mc sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah. Lalu, tekan OK.

7. Seleksi movie clip jam_mc di stage. Kemudian, pada panel Properties yang muncul masukkan jam_mc sebagai instance name.


8. Seleksi garis yang sedang/tidak terlalu panjang (menit). Kemudian klik kanan dan pilih Convert to Symbol. Masukkan menit_mc sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah. Lalu, tekan OK.


9. Seleksi movie clip jam_mc di stage. Kemudian, pada panel Properties yang muncul masukkan menit_mc sebagai instance name.

10. Seleksi garis yang paling panjang (detik). Kemudian klik kanan dan pilih Convert to Symbol. Masukkan detik_mc sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah. Lalu, tekan OK.

11. Seleksi movie clip jam_mc di stage. Kemudian, pada panel Properties yang muncul masukkan detik_mc sebagai instance name.

12. Letakan movie clip jam_mc di tengah lingkaran yang kita buat sebelumnya.


13. Selanjutnya letakan movie clip menit_mc di tengah lingkaran (ditempat yang sama movie clip jam_mc berada).

14. Lalu letakan juga movie clip detik_mc di tengah lingkaran (ditempat yang sama movie clip jam_mc dan menit_mc berada).
15. Setelah semuanya terpasang, klik frame 1 dan tekan F9 pada Timeline. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut:
onEnterFrame = function () {
     waktu = new Date();
     jam = waktu.getHours();
     menit = waktu.getMinutes();
     detik = waktu.getSeconds();
     if (jam>12) {
            jam -= 12;
     }
     jam_mc._rotation = jam*30+(menit/2);
     menit_mc._rotation = menit*6;
     detik_mc._rotation = detik*6;
};

16. Tekan CTRL+ENTER untuk melihat hasilnya.

Selamat Mencoba!
http://bit.ly/2BkERr8

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS