Pages

Pengaruh Perkembangan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia

Monday, September 16, 2013

Sejak pertengahan abad ke-20 hingga kini, dunia mengalami perkembangan teknologi yang sangat deras. Berbagai macam penemuan menghiasi kehidupan masyarakat modern. Keinginan dan ketidakpuasan merupakan salah satu faktor pendorong perubahan sosial terutama perkembangan teknologi. Dalam tesisnya Ogburn (Bertrand, 1967) menuliskan bahwa "Inovasi teknologi penting sebagai penyebab terjadinya perubahan, sedangkan bidang sosial dan kebidayaan cenderung tertinggal dengan inovasi-inovasi tersebut."
Ya, tentu saja perkataan beliau ini benar adanya, dapat  kita amati dan rasakan bahwa apapun teknologi yang berbasis komunikasi akan cepat laku meskipun harus merogoh kocek yang cukup dalam. Disinilah sifat konsumtif mulai merajalela dan tak dapat terhindarkan. Sikap manusia yang pada dasarnya tidak pernah merasa puas menjadi pemicu utama munculnya konsumerisme ini.
di era sekarang ini siapa yang tidak mengenal Android?
tentu semua orang pernah mendengarnya bahkan menjadi sahabat setianya yang selalu dibawa kemanapun ia melangkah. mungkin termasuk Anda.
Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang diterapkan dalam HP touchscreen dan atau smartphone yang dibuat pada Oktober 2003 dan baru diresmikan pada tahun 2007. 
Tercatat Indonesia merupakan Negara yang mengalami perubahan signifikan, dimana device berbasis Android mengambil alih penjualan Blackberry yang menyababkan penjualan Blackberry menurun 70%. Indonesia merupakan Negara di Asia Tenggara yang memiliki pasar smartphone terbesar dengan berhasil menjual lebih dari 4.5 juta device.
Penjualan smartphone di Indonesia meningkat sebanyak 56% dalam waktu 1 tahun terakhir dan 78% dari seluruh penjualan tersebuat adalah penjualan ponsel ber-fitur
Lalu apa pengaruhnya bagi interaksi masyarakat?
Disadari atau tidak kemuculan smartphone ini sedikit dmi sedikit mengikis budaya tatap muka dan silaturahmi (bertemu secara fisik) di Indonesia. Masyarakat yang dulunya dikenal dengan masyarakat yang saling beranjangsana kini perlahan mulai berkurang seiring kemunculan alat-alat komunikasi canggih. Hal ini tidak bisa disalahkan. Kemajuan di bidang teknologi merupakan salah satu perubahan sosial yang tak dapat dihindari dan akan terjadi secara terus menerus.
Masyarakat modern bersilaturahmi dengan SMS, Telepon, Video Call, Line, Kakao Talk, WhatsApp, dsb. Ini dianggap cukup, namun bagaimanapun juga kehadiran fisik seseorang merupakan bentuk interaksi nyata yang dapat mempererat hubungan kita dengan orang-orang sekitar kita. jangankan dengan orang yang jauh, dengan teman atau keluarga yang jaraknya dekat pun terkadang kita tidak banyak melakukan interaksi, kita sibuk dengan ponsel masing-masing dan bahkan ada yang berkomunikasi lewat SMS atau aplikasi messenger lainnya. Miris. Namun kembali saya tegaskan bahwa tak dapat disalahkan. Hanya saja hal ini akan mengurangi harmonisasi dan interaksi yang dipandang dari segi psikologi dan sosiologi. Semua tergantung pada diri Anda masing-masing. Beradaptasi dengan perubahan yang ada memang penting, namun janganlah mendewakan media, gadget yang Anda miliki. Pergunakalah mata Anda untuk bertatap dengan mereka disekeliling Anda. Tersenyumlah secara langsung pada mereka, itu jauh lebih berarti daripada emoticon yang Anda berikan. Peluklah dengan hangat orang-orang yang Anda cintai. Berbicaralah secara langsung dengan mereka jangan selalu menjadikan ponsel anda sebagai mulut Anda. Karena kehadiran Anda berarti untuk orang-orang disekitar Anda.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
               http://www.paziashop.com

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS