Pages

Hidup? Entahlah Aku Belum Memahaminya

Sunday, September 29, 2013


17-12=5
ya lima tahun itulah aku mengalami masa remaja, 
Dimulai dengan rasa keingintahuan yang tinggi, rasa ingin selalu mencoba, mencari perhatian sana sini, belum bisa mengendalikan emosi, hingga ketertarikan terhadap lawan jenis. Itulah salah satu tahap yang pasti dialami oleh setiap insan, kecuali bagi mereka yang memiliki gangguan (cacat) mungkin prosesnya sedikit berbeda. Namun pada dasarnya masa remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak menuju kedewasaan (maturity).
Tepat 1 minggu yang lalu aku menerima sakramen (tanda) krisma (kedewasaan) menurut peraturan Gereja Katolik, dimana setiap orang diolesi minyak krisma di keningnya sebagai tanda kedewasaan. Sebelum menerima sakramen tersebut ada masa persiapan dimana para calon penerima krisma dibekali materi-materi selama kurang lebih 3 bulan. (singkatnya seperti itu)
Kini usiaku 17 tahun 9 bulan 12 hari,
banyak hal yang ingin aku capai, banyak hal yang aku inginkan, banyak pula godaan-godaan disekelilingku. Ku akui terkadang aku terhanyut dalam lingkaran setan yang aku buat sendiri, terkadang aku terlena dalam kubangan kebodohanku sendiri, namun Tuhan masih ingin aku untuk berada pada jalannya. Dia mengirimkan orang-orang yang sangat luar biasa, hingga aku bisa mempelajari berbagai macam hal tentang hidup. Akan tetapi aku sendiri belum tau apa itu hidup?
Ketika aku SD, hidup adalah ketika orang bisa bernafas.
Ketika aku SMP, hidup adalah ketika jantung masih berdetak dan mata terbuka.
Ketika aku SMA (sekarang), aku belum bisa memaknai arti hidup yang sebenarnya.
Tahun depan aku akan meninggalkan tempat tinggalku sekarang, menuju tempat diamana nanti aku akan memperdakam dan memperbanyak ilmu dan juga beradaptasi dengan situasi dan kondisinya. Berbagai macam kegelisahan dan ketakuatan datang silih berganti. Bermacam-macam pertanyaan muncul dibenakku. 
Aku tau, tak akan ada yang bisa menata kehidupanku selain aku. Singkatnya, masa depanku ada didalam genggamanku sendiri. Mungkin aku akan mengalami sebuah kekecewaan, ketidakadilan, kebencian, keraguan, dsb yang pasti dan wajar terjadi dalam proses hidup manusia, karena dengan begitulah aku tau apa yang tidak pernah aku tau, dengan begitulah aku mengalami apa yang sebelumnya aku tak pernah alami, dan dengan begitulah sedikit demi sedikit aku tau aku hidup.

(ini hanyalah ocehanku)

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS