Pages

MAHASISWA: Satu Bulan Pertamaku

Wednesday, October 22, 2014

Akhirnya malem ini gue bisa nulis lagi, setelah sekian lama blog ini udah hampir berdebu kali ya -____-
Kali ini gue gak akan nulis kritik, cerpen, atau artikel apapun. gue cuma pengen curhat tentang hal-hal apa yang terjadi selama kurang lebih satu bulan gue jadi MAHAsiswi.
Gak penting dan gak ada benefits nya juga buat kalian, blogger. But, I want to write my 'lil experience here. Just read it...

Kebetulan (sebenernya gak ada yang kebetulan, semuanya udah direncanakan Tuhan) gue dapet beasiswa S1 di salah satu universitas swasta di Jabodetabek (gue gak yakin nyebutin letak pastinya universitas gue ini soalnya tersebar di seluruh wilayah pariperal Jakarta). Terhitung sejak Agustus tahun ini gue pindah ke Depok, dan mulai kuliah akhir bulan September. Sebelumnnya ada matrikulasi (pengenalan matkul) selama 3 minggu. Dan ketika saat itu gue belum terlalu sibuk, masih sempet jalan2 ke rumah sodara gue di Tangerang, Bekasi, dan Jakarta. 
Setelah masuk bulan September, dan ketika masuk hari pertama gue kuliah jadi mahasiswanya itu beneran TERASA. Ada sekitar 10 lokasi kampus, dan gue kebagian kuliah di kampus F. Lokasinya itu....gak ada di peta. lo mau cari di google maps pun gak akan ada. Terpencil? Bisa dibilang begitu. Dari jalan raya masuk gang, dan kalo lo jalan sari gang-kampus bisa memakan waktu 10-15 menit (kalo jalannya cepet). Bayangkan gimana jauhnya, dan awal-awal gue kuliah itu jalan kaki. Oke itu perjuangan pertama sebagai insan yang haus akan ilmu (sedikit hiperbola boleh kali yak)
Setelah masuk kampus gue harus olahraga naik tangga sampai lantai tiga, ya itung-itung usaha buat kurus deh. Masuk ke kelas yang dipenuhi berbagai manusia unik dari barat Indonesia sampai bagian timur. Dari yang pendiem sampe yang nyeleneh. Macem-macem karakter, dan mereka semua rata-rata menyenangkan dan bisa buat gue ketawa tiap hari. 
Bukan cuma temen-temen yang sikapnya beragam, dosennya pun begitu. Mulai dari yang garing bikin ngantuk, galak/jutek setengah mati, sampe yang bisa diajak ketawa bareng. Perbedaan itu memang indah. coba kalo semuanya sama? Dijamin bosen dan rasanya itu gak ada tantangan.
Fakultas gue itu kebetulan anak bungsu, jadi mahasiswanya baru sedikit. Tapi hebatnya bisa ngadain kuliah umum dari Wakil Presiden baru, Pak JK (panggilan akrabnya). Gilaaa, itu pertama kali denger langsung seorang pemimpin ngasih materi yang gak bakal lo dapet dari dosen manapun. Kharisma dan kesederhanaannya itu kerasa banget. Semoga beliau bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik ya. Marilah kita berdoa. Amin.
Gak lama setelah acara itu ada acara besar kedua yang diadain Fakultas gue, jenis acaranya gathering gitu. Dari sesepuh sampai angkatan gue kumpul disana. Acaranya seru-seruan gitu, outbound, games, dan sekaligus ajang modus para jomblo. Dari acara ini jadi bisa kenal banyak kelas, ya lumayan buat tanya-tanya tugas, nambah link juga, malah ada temen gue lagi PDKT sama kakak kelas. berarti acara itu berhasil. Good job, HIMIKOM! 
Acara itu menghapus sejenak bayang-bayang tugas di pikiran, tapi setelah itu...back to my daily activities
Tiada hari tanpa begadang (serius, gak bohong). kurang lebih tiga minggu gak bisa tidur nyenyak, selalu mata panda dan gue akalin pake concealer pun masih kentara. Begadangnya udah biasa, tugas pun udah biasa, yang gak biasa itu BACA BUKU. 
Selama ini yang gue sebut baca buku itu cuma NOVEL. Dari SD-SMA gue selalu ogah-ogahan kalo disuruh baca sama nyokap. Padahal nyokap selalu bilang "buku itu jendela dunia", waktu kecil gue mikir, mana ada jendela muncul dari buku kan. Apa dengan kita baca buku kita bisa liat dunia? Dulu gue ketawa denger nyokap gue bilang gitu. Dan sekarang...itu BENAR. Salah seorang dosen gue ngasih tugas makalah, dilarang keras copas (copy-paste) apalagi ngambil sumber dari mbah google (kecuali ebook). Diharuskan minimal 10 buku literatur. Itu tuh kerasa banget, menghilangkan malasnya baca buku tuh susah banget. 
Gue nyari-nyari buku-buku referensi di toko buku terdekat, dan pas lewat jajaran novel-novel itu rasanya gatel banget pengen beli. Awalnya gue ngeluh-ngeluh dengan tugas itu, tapi sekarang sadar tujuan dosen nyuruh kita baca buku itu bener. Gue ngerasain sendiri. 
Materi presentasi gue itu menyangkut filsafat ilmu, mau gak mau gue baca buku filsafat (sampe bela-belain beli). Gak bisa satu kali baca gue ngerti, berkali-kali gue baca baru gue ngerti maksud dari tulisan-tulisan itu, dan itu tuh rasanya seneng banget, ketika lo bisa tau sesuatu yang baru. 
Ketika kita menghakimi bahwa kita itu malas, maka seluruh tubuh kita bakalan merespon rasa malas itu. Tapi, ketika kita bisa memotivasi diri kalo kita BISA, dan ketika kita benar-benar BISA melakukan hal itu, pasti ketagihan dan bakal muncul rasa bangga kalo kita bisa ngelawan rasa malas itu. 
Begitulah kurang lebihnya, ini hanya sebagian kecil yang bisa gue tulis. Banyak hal-hal lainnya yang terjadi, mungkin banyak cerita-cerita lainnya yang bakal gue tulis di lain hari.
Semoga bisa banyak waktu buat sekedar berbagi cerita disini.
Intinya, Do all your work with all your sincerity, so you'll find its benefits.



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS