Pages

Instan-Telegram : INSTAGRAM

Thursday, August 28, 2014


Logo apakah ini?
Right!.... INSTAGRAM

  • Apa sih Instagram?
Instagram, secara harafiah berasal dari kata instan (diambil dari kamera polaroid yang dulu disebut kamera-instan) dan kata telegram (penghantar informasi yang cepat). Karena itulah Instagram menyediakan fitur-fitur photo editing yang hasilnya seperti kamera polaroid, terkesan vintage namun menarik. Aplikasi yang dirancang untuk membagikan foto dan video ini dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, dirilis perdana pada 6 Okober 2010. Kini pengguna Instagram kurang lebih 200 juta pegguna di seluruh dunia (data 2013). Dari tahun ke tahun pengguna Instagram terus meningkat seiring dengan munculnya smartphone murah di pasaran. Aplikasi yang tengah digandrungi banyak kalangan ini memang hanya bisa diakses melalui smartphone Android, iOS, dan Windows Phone secara daring.

  • Lalu, apa saja manfaat Instagram ini?
Tidak mungkin penggunanya meningkat jika media sosial satu ini tidak memiliki manfaat. Berikut adalah manfaat Instagram dalam beberapa aspek ;
  1. ASPEK SOSIAL
Fungsi utama Instagram adalah untuk berbagi foto dan video kepada publik, tentunya hal ini sangatlah berguna bagi mereka yang ingin berbagi setiap peristiwa dalam bentuk foto. Cara mengakses yang mudah menjadikan orang ketagihan menggunakan Instagram, apalagi mereka yang terjangkit virus-virus "narsisme". Selain itu Instagram dapat membantu para penggunanya untuk sekedar mendapatkan informasi walaupun hanya dalam bentuk foto dan video. Misalnya, mengikuti akun salah satu selebritis atau orang ternama lainnya.
Sambil menyelam minum air. Itulah pribahasa yang tepat untuk menggambarkan akun-akun Instagram yang bisa mengadakan challenges sembari penggalangan dana.

    2.   ASPEK EKONOMI
Maraknya online shops menjadikan Instagram sebagai sarana untuk jual beli, tak kalah menarik dengan website yang membutuhkan biaya cukup besar untuk membuatnya. Jauh lebih hemat karena Instagram merupakan Freeware yang dapat diunduh secara gratis di Apple App Store, Google Play, atau pun di Windows Phone Store. Banyak orang mengunggah foto-foto produk mereka ke Instagram, seperti pakaian, aksesoris, sepatu, mainan anak-anak bahkan produk makanan. Cara ini dinilai efektif karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan pembeli, lebih ekonomis, dan pangsa pasarnya bisa lebih luas lagi. 

   3.  ASPEK MODE (FASHION)
Karena telah mendunia, maka tak heran jika kita dapat mengikuti akun-akun selebritis, maupun model-model internasional. Disanalah kita akan melihat berbagai trend mode dunia saat ini.

   4.  ASPEK PARIWISATA
Banyak akun-akun Instagram yang khusus mempromosikan foto-foto suatu tempat wisata, berikut hotel dan akomodasi lainnya. Ini sangat membantu pengguna lain untuk mendapatkan informasi seputar tempat wisata yang akan mereka kunjungi.

   5.  ASPEK RELIGI DAN PSIKOLOGI
Sekarang ini kita dapat melihat bahwa para ustadz, pendeta, ataupun pastor berkhotbah bukan hanya di rumah ibadah, tetapi juga melalui media sosial.  Hal ini ditempuh karena banyak umat yang lebih sering membuka media sosial daripada kitab sucinya. (Apakah kalian salah satunya?)
Selain para pemuka agama, kini para motivator ternama pun lebih sering menggunakan Instagram untuk mengunggah motivasi-motivasinya dalam bentuk visual yang lebih menarik.

  6.  ASPEK POLITIK
Baru-baru ini pemilihan legislatif dan pemilihan presiden telah digelar. Media sosial dianggap sebagai media yang efektif dan efisien untuk berkampanya,  Instagram pun diramaikan dengan kampanye berbagai partai dan calon presiden kala itu.

  • Kalau yang diatas semua positif, lalu apa saja dampak negatif dari Instagram?
Jadi selain banyak manfaatnya ternyata kerugiannya juga tak kalah banyak lho, coba deh kita lihat satu per satu.
1. Menimbulkan "narsisme" berlebihan yang lebih condong menjadi pamer materi/kekayaan;
2. Menimbulkan sikap konsumtif;
3.Penipuan-penipuan dari online shop tak bertanggung jawab yang meresahkan masyarakat;
4. Menjadi lupa waktu, malas belajar, bahkan cenderung anti sosial jika sudah benar-benar ketergantungan;
5. Menimbulkan sikap imitasi berlebihan terhadap tokoh idola, tidak menerima diri apa adanya;
6. Cybercrime
7. Maraknya konsumsi foto-foto berbau pornografi yang dapat diakses oleh siapapun;
8. Black campaign yang bisa memecah persatuan dan kesatuan bangsa.


Nah, apakah kalian sudah menjadi pengguna yang baik? 
Saya percaya bahwa satu hal yang tidak akan penah mengalami kemunduran adalah TEKNOLOGI. Inovasi-inovasi teknologi akan terus berkembang, perubahan-perubahan akan terus terjadi. Ada sisi positif dan ada pula sisi negatif, maka sudah seyogyanya kita menjadi pengguna yang bijak, kritis, dan cerdas dalam menyikapi segala hal baru.  

***

Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Instagram 
http://www.dailymail.co.uk











No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS