Pages

Perampok Berdasi dan Eksekusi Mati

Saturday, January 17, 2015

Fenomena eksekusi mati jadi berita utama di hampir seluruh siaran berita tanah air di bulan Januari ini setelah digemparkan berita hilangnya pesawat AirAsia QZ8501. 6 orang tersangka yang membawa sejumlah narkoba, 5 diantaranya adalah WNA. Hidup mereka tinggal beberapa jam lagi. Jika saja mereka tidak pernah menyentuh barang haram tersebut mungkin mereka dapat hidup jauh lebih lama. Sayang, mereka terlalu nekat. Nekat membawa amunisi pembunuh masa depan generasi muda. Narkoba adalah salah satu faktor penghancur masa depan generasi muda suatu bangsa. Bayangkan saja jika satu bandar memiliki 5 anak buah (pengedar). 1 pengedar punya 10 pelanggan tetap, jadi 1 bandar punya  50 pelanggan. Artinya 50 orang sudah menjadi korban dan kehancuran hidupnya pun akan dimulai. Bukan hanya itu, dari 50 orang itu jika mereka mengajak masing-masing 2 orang untuk memakai narkoba maka jumlahnya akan menjadi 150 orang. Dan demikian seterusnya.
Semakin lama akan semakin menjamur, merambah ke setiap insan muda yang selalu ingin mencoba hal-hal baru.  Maka bukanlah hal yang salah jika para bandar dieksekusi mati.
Bukan hanya bagi para bandar narkoba, eksekusi mati juga berlaku bagi para teroris yang sudah jelas-jelas membahayakan hajat hidup orang banyak. Pengebom tragedi Bom Bali II misalnya, wajar jika ia dieksekusi mati. Dan juga para teroris lain juga layak dieksekusi mati, walaupun hal ini menimbulkan banyak kontra. Para oposisi mempermasalahkan masalah kemanusiaan, HAM, dan juga konstitusi yanh menjamin hak hidup warga negara. Coba lihat kembali apa yang mereka lakukan. Itu melanggar HAM dan sangat tidak manusiawi.
Lalu bagaimana dengan perampok berdasi? Haruskah mereka juga dihukum mati seperti bandar narkoba dan para teroris?
Menggondol uang ratusan, milyaran, bahkan trilyunan rupiah, bukankah itu juga tindakan yang merugikan banyak pihak? Apalagi jika uang itu seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat seperti untuk pembangunan fasilitas kesehatan umum, pendidikan, infrastruktur, dan apalagi jika seharusnya digunakan untuk dana bantuan rakyat miskin. Betapa jahatnya dan serakahnya mereka. Haruskah tikus-tikus ini dieksekusi mati?
Jangankan eksekusi mati, dipenjara pun masih diberi fasilitas ekslusif. Dipenjara pun masih berani main belakang. Gonjang ganjing politik, saling suap menyuap sampai ke lembaga hukum tertinggi. Lalu, pada siapa kami harus percaya? Jika penegak hukumnya pun tidak bisa menegakkan diri sendiri. Malangnya ibu pertiwi.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS